KERJA SAMA

Sekolahnya para juara.

  1. Rumah Tahfidz

Tahfizh Al-Qur’an (ada juga yang mengikuti penulisan tahfidz) terdiri dari dua kata, yaitu tahfizh dan Al-Qur’an. Tahfidz adalah kata تَحْفِيْظًا yang berasal dari bahasa Arab bentuk mashdar ghair mim dari kata حَفَّظَ – يُحَفِّظُ – تَحْفِيْظًا yang mempunyai arti “menghafal”. Menghafal dapat diartikan sebagai proses pengulangan suatu pelajaran, baik dengan membaca, maupun mendengar. Maka definisi tahfizh Al-Qur’an / menghafal Al-Quran, yaitu proses menghafal Al-Qur’an baik dengan cara  membaca maupun mendengarkannya secara berulang-ulang sampai hafal sehingga setiap ayat mampu dibaca tanpa melihat mushaf.

Di SD Ihsaniyah Gajahmada Tahfidz diajarkan dari kelas 1 sampai 6 yang mangacu pada kurikulum PPPA darul Quran pimpinan Al Ustad H. Yusuf Mansyur. Pelaksanaan kurikulum dimulai setelah penandatanganan kerja sama wakil PPPA Darul Quran Perwakilan Kota Tegal  Bapak H. Sobari dengan Kepala SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal Bapak Andri Apriudin, S.Kom, S.Pd., pada  08 September 2016 bertempat di SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal.

Peresmian rumah tahfidz oleh Ketua Yayasan Perguruan Ihsaniyah, Tegal 2016

  1. MDTA Ihsaniyah

SD Ihsaniyah Gajahmada membekali siswa siswinya dengan kurikulum agama islam untuk mencetak generasi sholeh dan sholehah. Guna mendukung cita-cita tersebut maka SD Ihsaniyah Gajahmada bekerjasama dengan Kementrian Agama Kota Tegal membentuk MDTA Ihsaniyah guna menstandarisasi mutu pendidikan agama lulusan SD Ihsaniyah Gajahmada. Kerjasama ini ditandatangani di Kota Tegal pada 20 Mei 2015 antara Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Tegal H. Nuril Anwar, S.H. M.H dengan Kepala SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal Andri Apriudin, S.Kom, S.Pd.

Peresmian rumah Tahfidz oleh Walikota Tegal H. Siti Mashinta S

  1. Tabungan Siswa

Kegiatan menabung merupakan hal yang harus dipupuk sejak anak-anak masih usia dini. Karena melalui kegitan menabung, anak akan belajar bagaimana cara menghemat uang dan mengelola uang. Kegiatan menabung pada anak tak hanya diajarkan di lingkungan rumah saja, melainkan juga di lingkungan sekolah.

SD Ihsanyah Gajahmada bekerjasama dengan Bank Bukopin untuk menangani tabungan siswa dan siswi. Seluruh siswa dan siswi mendapatkan buku tabungan dari Bank Bukopin untuk kegiatan menabung dapat dilakukan di sekolah setiap hari kamis. Kerjasama terbentuk dari tahun 2016 sampai dengan sekarang.

Kunjungan Direktur Bank Bukopin cabang Kota Tegal 2018

  1. Kebersihan Lingkungan

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Kebersihan juga berperan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan tentram. Tentu saja bila lingkungan yang kumuh akan menjadikan orang menjadi enggan berlama lama untuk berada di lingkungan tersebut. Maka kebersihan adalah harga mutlak untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman, termasuk lingkungan sekolah.

SD Ihsaniyah Gajahmada selain membiasakan civitas akademinya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, juga melibatkan cleaning service dari CV. Trikarsa dalam menjaga kebersihan. Kerjasama menjaga lingkungan sudah terjalin sejak 2016 sampai dengan sekarang.

Aktivitas petugas cleaning service dari CV. Trikarsa

  1. Kesehatan Siswa

Anak merupakan manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa, mereka selalu aktif, dinamis, antusias dan ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan, mereka seolah-olah tidak pernah berhenti bereksplorasi dan belajar. Anak bersifat egosentris, dan memiliki rasa ingin tahu secara alamiah. Anak merupakan makhluk sosial, unik, kaya dengan fantasi, memiliki daya perhatian pendek, dan memiliki masa yang paling potensial untuk belajar, maka dari itu upaya pendidikan untuk kesehatan anak melalui Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas sangat penting karena akan sangat membantu anak dalam tumbuh kembangnya ke masa depan. Anak yang sehat merupakan akar dari pertumbuhan generasi muda yang kuat dan unggul untuk mengisi pembangunan suatu Negara.

SD Ihsaniyah bekerjasama dengan Puskesmas Debong Lor, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal dalam menangani kesehatan siswa/siswi, kerjasama ini sesuai dengan anjuran pemerintah.

Pemberian Vaksin oleh petugas Puskesmas di SD Ihsaniyah Gajahmada, Kota Tegal