METODE PEMBELAJARAN

Sekolahnya para juara.

Model pembelajaran, menunjuk suatu kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Metode pembelajaran yang dilakukan di SD Ihsaniyah Gajahmada terdiri atas:

  1. Model Mengajar Menggunakan Metode Tatap Muka

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Untuk sekolah yang menerapkan sistem paket, kegiatan tatap muka dilakukan dengan strategi bervariasi baik ekspositori maupun diskoveri inkuiri. Metode yang digunakan seperti ceramah interaktif, presentasi, diskusi, pembelajaran kolaboratif dan kooperatif, demonstrasi, eksperimen, dll. Metode yang digunakan seperti ceramah interaktif, presentasi, diskusi kelas, tanya jawab, atau demonstrasi.

  1. Model Mengajar Menggunakan Metode Online

       Mengajar online ini dimana seorang guru/instruktur berada di tempat lain, namun bisa mengajar di kelas yang dia inginkan. Dalam pengajaran online, instruktur berkomunikasi dengan siswa yang berada di kelas. Kehadiran mereka biasanya ditandai textually dan kadang-kadang visual oleh Zoom, SKYPE, yahoo messager, facebook, line, atau kakaotalk. Khusus SD Ihsaniyah Gajahmada Dalam belajar secara Online, siswa mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan (delivered) secara online melalui jaringan baik internet maupun intranet. Salah satu cara dalam mengembangkan sistem pembelajaran online yaitu dengan menggunakan Microsoft education yyang didalamya terdapat Gama E-Modul materi materi pembelajaran berbasis web yang mengelolah, kegiatan pembelajaran beserta hasilnya dan menfasilitasi interaksi antar guru dan siswa, antar guru dan guru, dan antar siswa dengan siswa.